News


Selasa, 25 Oktober 2022 09:20 WIB

Ekonomi

2023, Memangnya Indonesia Akan Resesi?

 

ilustrasi perkiraan waktu resesi ekonomi/ foto: istock

Negara emerging juga mengalami kondisi relatif tertekan. Meskipun dalam situasi saat ini, emerging country seperti Indonesia, India, Brazil, Meksiko relatif dalam situasi yang cukup baik,"

Sri Mulyani

Menteri Keuangan RI

--------------

 

Penulis: Nekagusti

Editor: Tedja Wahana

 

Resesi! Kata yang pasti sering sekali kamu dengar di beberapa minggu terakhir ini, banyak sekali beredar di media sosial kamu, setiap orang bahkan sudah membicarakan resesi yang diperkirakan akan terjadi di Indonesia di tahun 2023. Tapi, sebenarnya apa sih resesi ekonomi itu? Dilansir dari sikapiuangmu ojk, Dari banyak definisi, resesi ekonomi secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu kondisi dimana perekonomian suatu negara sedang memburuk yang terlihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang negatif, pengangguran meningkat, maupun pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Kalian pasti tau , ini salah satu dampak dari pandemi Covid-19 telah mengubah secara signifikan kebiasaan masyarakat sehingga aktivitas sosial masyarakat kini dibatasi (social distancing). ternyata berimbas pada aktivitas ekonomi mulai terganggu dan berakibat pada pelemahan daya beli serta perlambatan ekonomi. Lalu, apa saja dampak dari resesi ekonomi?

1. Perlambatan ekonomi akan membuat sektor riil menahan kapasitas produksinya sehingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akan sering terjadi bahkan beberapa perusahaan mungkin menutup dan tidak lagi beroperasi.

2.  Kinerja instrumen investasi akan mengalami penurunan sehingga investor cenderung menempatkan dananya pada bentuk investasi yang aman.

3.  Ekonomi yang semakin sulit pasti berdampak pada pelemahan daya beli masyarakat karena mereka akan lebih selektif menggunakan uangnya dengan fokus pemenuhan kebutuhan terlebih dahulu. 

Pandemi Covid-19 yang kita alami ternyata  merupakan salah satu pemicu resesi ekonomi di beberapa negara. Bahkan hal ini telah menyebabkan angka pengangguran dan jumlah penduduk miskin di berbagai negara juga ikut meningkat sebagai konsekuensi lesunya perekonomian.

ilustrasi foto investasi/ foto: istock

Pertanyaannya, kalian sudah siap jika negara kita, kemungkinan terburuknya harus menghadapi resesi ekonomi? Ini adalah beberapa hal yang bisa kalian lakukan jika resesi benar-benar terjadi

1. Jangan konsumtif! Kamu harus mulai mengatur keuangan dan lebih pintar untuk membedakan kemauan dan kebutuhan. Dengan kata lain bergaya sesuai dengan kemampuan

2. Sisihkan dana darurat. Bahkan salah seorang ekonom menyarakan agar kamu memiliki dana darurat hingga 1 tahun.

3. Berinvestasilah dengan tepat. Pilih investasi yang memiliki resiko rendah, tak terkena inflasi seperti emas, misalnya.

Tapi ada salah satu pendapat menarik dari salah seorang  ekonom dari Unversitas Indonesia. Dirinya mengatakan bahwa saat ini resesi merupakan perkiraan yang terjadi ditahun depan, jadi belum tentu akan terjadi. Namun masyarakat jangan terlalu dihebohkan dengan resesi, dan resesi. Sehingga pada akhirnya masyarakat memiliki kekhawatiran yang berlebihan dan membuat mereka tak mau mengelurakan uang atau spending dan hanya fokus pada menyimpan, menyimpan, dan menyimpan. Sehingga iklim ekonomi benar-benar menjadi buruk dan resesi benar-benar terjadi.

Diolah dari berbagai sumber

 


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur