News


Kamis, 01 September 2022 17:36 WIB

G20

Siap-siap Dimanjakan Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Sambut G20

Foto: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur

Menuju perhelatan Development Ministerial Meeting G20 di Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan khususnya Pulau Belitung, terus bergerak.

____

Penulis: Tedja Wahana
Editor: Putra Mahen


G20, rencananya dihadiri delegasi dari 22 negara. Nah, sebelum perhelatan dunia tersebut dimulai, pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) telah mempersiapkan event nasional yang tentu, bukan kaleng-kaleng. 

Yap, namanya Jelajah Pesona Jalur Rempah (JPJR). Tahu nggak sih? Kalau ternyata JPJR ini bukan kali pertamanya diadakan, lho. 

Tahun ini saja, JPJR sudah kali ke-4 diadakan sebagai event nasional. Bahkan, sah masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Mengagumkannya lagi, JPJR ini juga masuk program Indonesiana dan Prioritas Jalur Rempah 2022 Kemendikbudristek.

Nah, tapi JPJR itu apa sih? 

Ini alasan kenapa bisa sampe sekeren itu dan membuat dua kementerian melirik ke arahnya.

Foto: Indonesia Travel

Mengutip dari laman RRI, JPJR ini, merupakan acara wisata budaya yang dibuat khusus untuk menggambarkan kejayaan maritim Indonesia dan sebagai salah satu daerah yang punya peran strategis dalam perdagangan rempah dunia. 

Baca Juga: Delegasi G20 akan Kunjungi Eksotisme Geosite Berkelas Dunia, Tanjung Kelayang

Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa Beltim merupakan salah satu daerah penghasil rempah seperti lada, kunyit, serai, kumbek, asam kandis, kayu manis dan lainnya.

Lalu, untuk rangkaian acara wisata budaya JPJR ini di antaranya: Pameran Rempah (Kuliner rempah dan produk olahan rempah), adanya penampilan Spice of Svara yang berkolaborasi dengan BBM tahun 2022 dan Festival Gambus Nusantara, Parade Figur Rempah, Malam Entrepreneurship Rempah, Seminar Nasional Rempah, Lomba Musik dan Tari, Lomba Vlog Rempah Belitung Timur, Malam Tradisi Sungai dan Bahari, Memperkenalkan Permainan Tradisional Engrang dan Galah Panjang/Milud.

Berbeda dengan acara JPJR sebelum-sebelumnya yang diadakan di bulan Oktober, di Tahun 2022 ini JPJR akan diadakan pada 3-7 September, tepat sebelum diadakannya Perhelatan G20 di Pulau Belitung pada 7-9 September. Dengan harapan dapat menyambut dan ikut memeriahkan kedatangan tamu dari berbagai negara tersebut. 

Foto: Indonesia Travel

Acara yang akan berlangsung di Lapangan Yagor, Manggar, Belitung Timur ini akan dilaksanakan secara hybrid. Di mana dari 22 daerah penghasil rempah di Indonesia, sekitar 9 daerah sudah mengonfirmasikan kedatangannya ke Belitung Timur.

Baca Juga: Terkonfirmasi! 22 Negara Hadir DWG G20 Belitung

Wah, semoga saja dengan adanya JPJR ini, bisa membuat acara G20 nantinya semakin pecah dan ramai. Yang mana, nantinya akan membawa dampak positif untuk Bangka Belitung, terutama untuk pelaku UMKM, ekonomi kreatif, dan wisata.

Psst.... bagi kamu yang ingin melihat keseruan Jelajah Pesona Jalur Rempah ini, kamu bisa streaming di Youtube: JPJR Belitung Timur.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur