News


Senin, 29 Agustus 2022 12:33 WIB

Erzaldi Rosman

Menangkap Peluang, Budidayakan Porang saat Dunia Membutuhkan

Erzaldi Rosman saat menjabat Gubernur Kep. Babel periode 2017-2022, fokus dalam budidaya porang, sebagai komoditi unggulan baru. Foto: babelinsight.id.

Salah satu sektor yang diinisiasi Erzaldi Rosman ialah budidaya tumbuhan porang. Tumbuhan jenis umbi-umbian satu ini menjadi komoditi yang menggiurkan sejak 2019 lalu. Sebagai komoditi baru, porang diyakini dapat memberikan nilai tambah bagi para petani, maupun bagi daerah sebagai pendapatan di bidang pertanian.
________

Penulis: Fadjroel
Editor: Nekagusti

 

SEBAGAI kepala daerah, Erzaldi Rosman mampu menangkap peluang. Tidak hanya fokus pada satu atau dua sektor, semasa menjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), berbagai kebijakan demi pembangunan di Negeri Serumpun Sebalai dilakukannya. 

Celah inilah yang ditangkap Erzaldi pada 2021 lalu. Memiliki tanah yang pas untuk ditanami porang, ia ingin komoditi ini menjadi andalan Bangka Belitung di masa depan, sesuai harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi), jika porang akan menjadi komoditi andalan Indonesia, dan Babel turut didalamnya.

Kesempatan ini peluang bagi petani, tanamlah porang sebanyak-banyaknya. Pembelinya sudah ada, sekarang masyarakat tinggal pilih mau jadi petani atau jadi penonton,"

- Erzaldi Rosman -.

Erzaldi menyebutkan, pasar tanaman porang saat ini tidak hanya dibutuhkan lokal saja, tetapi dibutuhkan dunia. Hal ini menjadi peluang ekspor bagi petani Babel untuk meningkatkan perekonomian, di samping komoditi lain yang sudah ada. Untuk itu, Erzaldi bergerak cepat.

Erzaldi mampu memanfaatkan peluang. Di saat porang menjadi kebutuhan dunia, ia mendorong petani untuk membudidayakan porang yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Foto: babelinsight.id.

Langkah awal 
Erzaldi mengirimkan tim untuk studi banding ke sentra Porang, Madiun. Menggaet PT Paidi Indo Porang sebagai mitra, semua dipersiapkan dengan baik. Bahkan, Erzaldi ingin menjadikan Babel sebagai sentra porang untuk wilayah Sumatera.

Target kita adalah menjadikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai pusat penyediaan bibit porang di wilayah Sumatera,"

- Erzaldi Rosman -

Tidak saja hanya mendorong, Erzaldi memberikan jalan bagi 200 petani binaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel saat itu. Sebagai langkah untuk menarik minat petani membudidayakan porang, Erzaldi saat itu menyediakan lahan seluas 10 hektar di Desa Namang sebagai percontohan, dengan bibit sebanyak 250.000 bibit.

Porang Jadi Alternatif Terbaik

Saat ini gandum mengalami kenaikan harga akibat kebijakan restriksi ekspor di beberapa negara, baik berupa pelarangan, izin, dan/atau pajak ekspor yang dilakukan sepanjang Juni 2022 (International Food Policy Research Institute).

Negara-negara penghasil gandum dunia seperti Rusia, India, Serbia, Mesir, Afghanistan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, dan Kosovo, memberlakukan restriksi. Semuanya sedang menjaga stabilitas pangan dalam negeri. 

Kondisi ini bisa menjadikan porang sebagai alternatif terbaik dengan segala khasiatnya. Tanaman ini memiliki mengandung karbohidrat, lemak, protein mineral, vitamin, serat pangan, kristal kalsium oksalat dan alkaloid. 

Pada masanya sebagai Gubernur Babel periode 2017-2022, Erzaldi telah membuka jalan bagi para petani, dengan menyediakan lahan, bibit hingga pasar. Foto: babelinsight.id.

Porang dapat ditambahkan pada campuran tepung yang berfungsi sebagai glutten (pengikat) bagi tepung yang tak memiliki kandungan glutten atau menjadi bahan siap pakai lainnya, dan banyak digunakan sebagai bahan baku penjernih air, kosmetik, pembuatan lem, dan jelly.

Manfaat lain dari porang adalah, tanaman porang kaya serat, bisa sebagai pengontrol gula darah, dan bisa menurunkan kolesterol. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir porang sudah diekspor ke negeri Jepang.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur