Lifestyle


Rabu, 24 Agustus 2022 16:26 WIB

Health

Rahasia Kembalikan Kejayaan Lada

aneka produk yang dihasilkan dari lada membalong, Belitung/ Foto:Babelinsight

Once upon a time, the peppercorn was the green gold of the island of Belitung in Indonesia. Its reputation drew suitors from all over the world during the Dutch East Indies Time. And now… peppercorn will rereach the glory of Bangka Belitung Island

-Pepper Secret-
------------------------------

Penulis: Nekagusti
Editor: Septiadi

Sahang, adalah penyebutan bagi kata lada atau merica. Kekayaan alam indonesia yang satu ini sudah banyak menarik perhatian dunia yang mengenali kekayaan rempah-rempah di Indonesia. Banyak orang yang mengenal Muntok White Pepper, karena lada ini berasal dari Muntok, Bangka Barat. 

Tak hanya itu saja, lada yang berasal dari Babel memiliki kualitas no.1 di dunia, dikarenakan rasa pedas khas yang dihasilkan dari bijinya. Kini, tak hanya lada Muntok saja, berbagai wilayah yang ada di Bangka Belitung sangat potensial untuk menjadi tempat bertanam lada. Salah satunya Belitung. Tepatnya di Belitung Timur, Membalong dan Kampit. 

Beragam Produk Turunan Lada

produk olahan dari lada/ foto:babelinssight

Disana, tanaman lada yang tumbuh tak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan dalam membuat makanan dan minuman saja. Diolah ditangan yang tepa,t lada dapat menghasilkan beragam manfaat. 
Pepper Secret, melihat ini sebagai salah satu kesempatan untuk mengembangkan manfaat lada bagi tubuh manusia. Sehingga produk yang dihasilkan tak hanya berupa biji lada. 

Dengan perpaduan teknologi, biji lada kini dapat berubah menjadi banyak produk, mulai dari sabun mandi dalam bentuk cair dan padat, body lotion, pengharum ruangan, lilin aromatherapi, balsem, roll on, dan minyak wangi. Dan uniknya semua produk tersebut benar-benar mengunakan lada dari Belitung.

Dalam perhelatan G20, tentunya produk ini akan sangat merepresantikan kekayaan alam Belitung, terlebih lada Babel yang memiliki nama yang sudah tersohor, sehingga turunan produknya diperkirakan akan sangat diminati oleh pengunjung yang berasal dari negara lain. 

Terancam spesies baru dan eksploitasi pertambangan oleh tanaman lada tidak berkurang. Didorong oleh tujuan untuk merevitalisasi kejayaan Lada Belitung. Rahasia lada menciptakan perawatan pribadi dan rumah yang menghasilkan dan manfaat luar biasa dari tanaman ini.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur