News


Kamis, 11 Agustus 2022 20:56 WIB

Ekonomi

Desa Perlang Raih Desa Wisata Terbaik di Indonesia, Menparekraf Sandi: “Ekonomi kreatif bukan alternatif, tapi solutif..”

Menparekraf Sandiaga Uno berkunjung ke Danau Pading, Desa Perlang/ Foto: Babelinsight

"Jadi jika kita fokus kembangkan dengan ekonomi kreatif dengan aspek pariwisata berkualitas dan berkelanjutan, ekonomi kreatif yang betul-betul solutif insyallah ini akan membawa peluang ekonomi dan solusi bagi kebutuhan yang sekarang dirasakan masyarakat," .

Sandiaga Salahuddin Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia (RI)

-----------------------------

Penulis: Uka/Nekagusti
Editor : Nekagusti

Desa Wisata Perlang berhasil dinobatkan sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia tersebut merupakan  prestasi yang patut dibanggakan, desa ini  menyisihkan 3.416 desa wisata lainnya di Tanah Air. Hal tersebut dikatakan Menparekraf Sandiaga Uno sembari mengucapkan selamat atas keberhasilan Desa Wisata Perlang.

 Desa Wisata Perlang berhasil masuk dalam jajaran 50 Desa Wisata terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, dan akhirnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno, berkunjung ke Danau Pading yang merupakan salah satu destinasi wisata di desa tersebut pada  Kamis (11/8/2022).

"Saya mengucapkan selamat, desa wisata perlang masuk 50 besar desa wisata terbaik Indonesia, Saya mengapresiasi kreativitas masyarakat, selanjutnya akan bersaing dengan memasuki tahap visitasi dan penilaian lapangan (field assessment) untuk memilih desa wisata terbaik di Indonesia," 

- Sandiaga Uno-

Ia menyebut keberhasilan Desa Perlang tak terlepas dari kreativitas masyarakat dan juga Pokdarwis  yang menyulap lahan bekas tambang ini menjadi salah satu objek pariwisata yang potensial, meningkatkan UMKM dan akhirnya berdampaka pada perekonomian masyarakat.

"Jadi kita bukan bersaing tetapi bersanding, bagaimana kelanjutan pariwisata yang berkualitas itu diiringi dengan jalannya usaha tambang yang sustainable dan memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat," tegasnya.

Sejutaan lapangan kerja ekonomi kreatif

Menparekraf Sandiaga Uno menyaksikan ekonomi kreatif di desa wisata/ Foto: Babelinsight

Ia juga mengatakan dengan program desa wisata ini kementeriannya bakal membuka 1,1 juta lapangan kerja tahun ini. Lapangan kerja itu bersumber dari bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, karena itu  ia berharap, Desa Wisata Perlang dapat terus menggali potensi wisata dan ekonomi kreatif yang ada di daerahnya. Pihaknya juga akan memberikan dukungan dengan memberikan pelatihan, mempromosikan produk UMKM secara digital, bahkan pembangunan homestay direncanakan di sekitar Danau Pading, ujarnya setelah menandatangani prasasti 50 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2022.

Seperti yang diketahui, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia (RI), Sandiaga Salahuddin Uno mendorong ekonomi kreatif di Provinsi Bangka Belitung (Babel) dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Dirinya juga mengatakan bahwa,  banyak aspek- aspek potensial yang ada di Babel yang dapat  hidup berdampingan, tambang merupakan salah satu sumber ekonomi masyarakat begitu juga dengan pariwisata.

"Gimana caranya kita bawa lingkungan kita  tetap terjaga untuk anak cucu, sehingga praktek tambang konsep tambang jangan merusak alam tapi justru membawa rahmat bagi semesta alam," 

-Sandiaga Uno-

Ia menyebutkan, dengan pengelolaan lingkungan yang lestari, pertambangan dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan sehingga pariwisata bisa menopang ekonomi ekstraktif dan kreatif jika dikelola dengan bijak. Pariwisata, sebutnya, merupakan ekonomi kreatif, dan harus bisa dilakukan secara berkelanjutan berdampingan.

“Bagaimana kita bisa hidup berdampingan beriringan jangan dibentur-benturkan," kata Sandiaga, Kamis (11/8/22).

Praktik pertambangan yang berkelanjutan atau sustainable mining, memberikan dampak lapangan kerja bagi pelaku UMKM lokal, membuka lapangan kerja bagi sdm muda dan juga dipastikan agar kegiatan tambang tidak mengganggu masyarakat lain termasuk pariwisata.

Ekonomi kreatif potensial ciptakan lapangan kerja

menparekraf Sandiaga Uno bersama pokdarwis di Danau Pading/ Foto: Babelinsight

" bahwa pariwisata dan ekonomi kreatif  itu menciptakan enam kali lipat lebih banyak lapangan kerja dibanding industri lain termasuk sektor tambang"

-Sandiaga Uno-

Ditempat yang berbeda, Menteri sandi juga mengatakan bahwa dirinya melihat perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang luar biasa di Babel, bahkan ia pun terkesan.

"Bagus sekali, kulinernya enak dan enak sekali, alamnya indah dan indah sekali, tinggal bagaimana mengemas, mempromosikan  dan menjaga melestarikan," sarannya.

Kedepan, ia juga yakin pariwisata dan ekonomi kreatif di Babel berkembang dengan baik, apalagi dilihat dari jarak yang dekat dengan Jakarta, dan ditambah penambahan penerbangan, akan memungkinkan Babel menjadi tempat wisata selain Bali.

"Babel ini sangat potensial dan strategis, apalagi pada masa liburan, jika Bali sudah banyak dikunjungi, Babel bisa jadi menarik bagi khalayak lain di nusantara dan mancanegara," tutupnya.

 

 

 

 


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur