Lokal


Jum'at, 29 Juli 2022 10:38 WIB

Pangkalpinang

Berani Terima Tantangan Rp 1 Miliar?

Lomba bertajuk inovasi electrifying lifestyle digelar PT. PLN UIW  Babel melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), sebagai upaya mendorong pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari (Electrifying Lifestyle)/foto: babelinsight.id

Penulis: Uka
Editor: Poe

Seluruh karya inovasi terbaik akan diseleksi kembali untuk mendapatkan dana pengembangan prototype senilai maksimal Rp 1 miliar.

PANGKALPINANG - Inovasi bisa diciptakan siapa saja, bukan saja ilmuan dengan berbagai penemuannya. Terkadang, produk-produk canggih peralatan listrik diciptakan oleh orang-orang biasa, termasuk pelajar. 

Nah, kali ini  PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) menantang pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Bangka Belitung (Babel) untuk unjuk inovasi dalam menciptakan produk berbasis listrik. 

Lomba ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Babel, Ervawi di SMK Negeri 4 Pangkalpinang, Kamis (28/7/22). Peserta bisa mengirimkan karyanya hingga 15 September 2022 mendatang. 

Lomba bertajuk inovasi electrifying lifestyle digelar PT. PLN UIW  Babel melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), sebagai upaya mendorong pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari (Electrifying Lifestyle).

Senior Manager Teknik PLN UIW Bangka Belitung Tumpal Hutapea, mengatakan Electrifying Lifestyle merupakan gerakan mengajak masyarakat mengaplikasikan gaya hidup baru dengan lebih mengoptimalkan penggunaan peralatan elektrik yang bebas emisi pada kehidupan sehari-hari.

Ia menyebutkan, seluruh karya inovasi terbaik akan diseleksi kembali untuk mendapatkan dana pengembangan prototype senilai maksimal Rp 1 miliar.

Ia mengajak para seluruh pelajar SMA/SMK di Bangka Belitung untuk dapat berpartisipasi dalam menciptakan ide-ide kreatif.

“Lomba karya inovasi ini mewadahi ide dan inovasi pelajar Bangka Belitung dalam pemanfaatan listrik untuk menggerakkan roda perekonomian,” ujarnya. 

PLN juga mendukung sektor pendidikan untuk peningkatan kapasitas keilmuan dan keterampilan di bidang kelistrikan. 

Karya terpilih nantinya akan diimplementasikan dalam bentuk prototype atau menjadi kandidat program TJSL PLN UIW Bangka Belitung di tahun mendatang, untuk pengembangan lebih lanjut.

Pengumuman pemenang, akan diumumkan pada 22-28 September 2022. Untuk mengikuti perlombaan ini pada saat pengiriman wajib mengirimkan bukti sudah menginstal PLN Mobile pada 
smartphone masing-masing. 

Inovasi Electrifying lifestyle ini bisa berupa perangkat elektronik hasil inovasi atau konversi dari sebelumnya menggunakan bahan bakar fosil/gas beralih ke listrik,  piranti lunak atau software atau aplikasi yang berguna bagi masyarakat, alat sensor atau pemindai, motor atau mesin penggerak ramah lingkungan (transportasi, pertanian, perkebunan, bengkel atau perkantoran) varian lampu/atau sound via aplikasi, peralatan memasak atau mengolah makanan tepat guna.

Kepala Dinas Pendidikan Babel, Ervawi menyambut baik kegiatan ini, apalagi menyasar pelajar SMA/SMK, meningkatkan kreatifitas pelajar untuk berinovasi. 

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meluncurkan produk-produk inovasi sehingga pemakaian listrik menjadi optimal, sehingga listrik mendukung kemajuan dan pengembangan teknologi,” ujar Ervawi.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi panitia melalui email panitiaplnbabel2022@gmail.com atau melalui whatsapp nomor 0853 6529 0558.

 


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur