Lokal


Jum'at, 22 Juli 2022 10:01 WIB

Pangkalpinang

PLN Manfaatkan Sisa Limbah tak Berbahaya

PT. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Babel menghasilkan Fly Ash Bottom Ash (FABA) sekitar 1.950 ton setiap bulan. Limbah yang didapat dari sisa pembakaran batubara pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan/foto: ist

 

PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung (Babel) menghasilkan Fly Ash Bottom Ash (FABA) sekitar 1.950 ton setiap bulan. Limbah yang didapat dari sisa pembakaran batubara pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

PANGKALPINANG - General Manager PT. PLN UIW Babel, Amris Adnan mengatakan, FABA ini dihasilkan dari dua PLTU milik PLN, yakni PLTU Air Anyir yang menghasilkan lebih dari 1.200 ton/bulan  dan PLTU Suge menghasilkan FABA lebih dari 750 ton/bulan.

FABA termasuk dalam limbah non B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) ini tidak berbahaya dan aman dimanfaatkan, bahkan sudah dimanfaatkan oleh PLN dan beberapa komunitas untuk pembuatan batako, paving block, beton cor, stabilisasi lahan, pembenahan tanah, panel beton U-Ditch, bollard, tetrapod dan produk lainnya.

Amris mengajak semua komunitas untuk memanfaatkan limbah bekas pembakaran batubara ini untuk dimanfaatkan secara masif. 

Limbah non B3 (tidak berbahaya dan aman dimanfaatkan) atau yang dikenal dengan Fly Ash Bottom Ash (FABA) ini bisa didapatkan masyarakat secara cuma-cuma, dan bisa dimanfaatkan berbagai macam kegunaan. 

PT. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Babel menghasilkan Fly Ash Bottom Ash (FABA) sekitar 1.950 ton setiap bulan. Limbah yang didapat dari sisa pembakaran batubara pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan/foto: ist

Untuk dapat memperoleh FABA masyarakat dapat mengambil secara gratis  lokasi PLTU terdekat. Cukup dengan mengajukan surat permintaan FABA dan melengkapi persyaratan administrasi. 

"Masyarakat dapat memperoleh FABA yang ada di lokasi Workshop FABA di Kompleks PLTU Air Anyir di Bangka dan PLTU Suge di Belitung," imbuhnya.

Fungsi dari FABA ini bisa dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan diantaranya untuk pembuatan paving block/batako, 

Sementara itu, Supervisor K3 dan Kimia PT PJB Service, Andris Novani Yohannis menjelaskan proses pembuatan produk FABA diberbagai daerah di Indonesia. Bahkan dalam paparannya disampaikan proses pembuatan pengecoran jalan beton FABA termasuk cara pengolahan dan komposisinya yang pas. 

"Kegunaan FABA sebagai penetral keasaman tanah pada berbagai jenis tanaman, bahan baku pupuk, beton precast, tetrapod, paving block, dan pembuatan batako," urainya.

PLN juga gencar melakukan sosialisasi pemanfaatan FABA kepada  pecinta alam, komunitas pecinta lingkungan, kelompok sadar wisata (pokdarwis), kelompok maritim muda, komunitas penyelam bangka, unsur kelompok tani hutan (kth), unsur media, kelompok masyarakat, penggerak umkm dan komunitas pecinta tanaman. 

Bahkan, dalam seminar yang diselenggarakan bersama PT. BJB Service, diperlihatkan cara pembuatan batako dan paving block yang berada pada area PLTU Air Anyir dengan harapan mendapatkan gambaran dan memahami variasi pemanfaatan FABA ini. 


Uka/Rel


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur