News


Jum'at, 15 Juli 2022 19:42 WIB

Info Pendidikan

Terpilih! Chikar dan Abi, Anggota Paskibra Nasional dari Babel

(Chikar, Abi dan pihak Disbudkepora Babel sebelum berangkat menuju Jakarta, foto/Disbudkepora Babel)

Sebelum memilih Chikar dan Abi, panitia melakukan seleksi yang ketat, menempa fisik dan disiplin para calon anggota paskibraka ini, serta melakukan berbagai tes mulai dari tes kesehatan hingga psikotes.

Ferdiyan Hermawan Loebis
Ketua  Pengurus Provinsi Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Babel

PANGKALPINANG -- Jumat siang (15/7/22), Bangka Belitung (Babel) melepas keberangkatan dan menaruh harapan pada Chikar Novrya Putri Caesaria dan Abi Fadilla Ramadhan, putra dan putri terbaik Babel untuk menjadi anggota pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) nasional. Keduanya terpilih dari 42 peserta setelah menempuh seleksi ketat yang dilakukan oleh panitia sejak bulan April lalu. 

"Harapan kita mereka bisa mendapatkan posisi terbaik, pembawa baki maupun penggerek bendera, dan bisa mengharumkan nama baik Babel," ujar Ketua  Pengurus Provinsi Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Babel, Ferdiyan Hermawan Loebis, Jumat (15/7/22). 

Ia menuturkan, sejak mengirimkan peserta untuk menjadi anggota paskibraka nasional, beberapa posisi terbaik sudah pernah dicapai, seperti pembawa baki dan penggerek bendera. Kali ini, harapan besar pun diletakkan pada kedua anggota asal Babel yang dikirim. 

(Chikar Novrya Putri, siswi di SMAN 1 Toboali, foto/Disbudkepora Babel)

Chikar merupakan siswi di SMA Negeri 1 Toboali, Bangka Selatan dan Abi Fadilla siwa di SMA Negeri 1 Manggar, Belitung Timur. Mereka akan dididik selama satu bulan di Cibubur oleh pelatih profesional, dan akan bertugas pada 17 Agustus mendatang di istana negara. 

"Kita seleksi 42 orang, kemudian terpilih 34 orang, dua diantaranya kita kirim ke nasional," imbuhnya.

(Abi Fadila Ramadhan, siswa SMAN 1 Manggar, Beltim, foto/Disbudkepora Babel)

Untuk anggota paskibraka tingkat provinsi, mulai masuk pelatihan pada 6 Agustus mendatang. Pelatih pun berusaha keras agar pelatihan dengan waktu singkat ini bisa maksimal melahirkan anggota paskibraka yang sukses mengemban tugasnya. 

Memuluskan jalan jadi Abdi Negara

Bob tak menampik, jika menjadi anggota paskibraka diimpikan oleh banyak pelajar di Babel, karena bisa memuluskan cita-cita anak menjadi abdi negara seperti polisi atau tentara. 

"Cita-cita anak pada umumnya banyak ingin menjadi abdi negara, di TNI Polri kan latihannya berat dengan ikut  paskibraka itu mereka ditempa latihan fisik kedisiplinannya, 50 persen itu kurang lebih sudah ada kemampuannya untuk memuluskan cita-cita kedepan," tandasnya.

uka


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur