News


Senin, 11 Juli 2022 14:30 WIB

Info Pilihan

Dengan Thorium Indonesia Harusnya Mampu Kuasai Energi Dunia

foto: Erzaldi Rosman yakin, dengan pemanfaatan thorium yang dimiliki, Indonesia akan menjadi negara penguasa energi.

Thorium adalah energi mineral tanah jarang yang banyak terkandung di berbagai lokasi di Indonesia khususnya di Bangka Belitung. Dengan kepemilikan thorium yang besar harusnya Indonesia mampu menjadi negara yang menguasai energi dunia.

DAN itu adalah pemikiran 'tak biasa' seorang Erzaldi Rosman yang menghantarkan ia mendapat plakat Anugerah Ganesa Wirya Jasa Adiutama dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Karena menurut ITB, Gubernur Bangka Belitung periode 2017-2022 itu secara keilmuan dan kepedulian, berperan besar dalam pengembangan dan kemajuan dunia pendidikan di Bangka Belitung. Erzaldi menginisiasi kerja sama dengan KK Fisika Nuklir dalam penelitian terkait sumber daya energi berbasis nuklir (thorium).

Begitu Besarkah Peran Thorium di Dunia? 

foto : Saat kunjungan ke Gardu Induk PLN Muntok, Bangka Barat

Nah, babelinsight.id berkesempatan berbincang dengan Erzaldi Rosman, Senin (11/7/22) dan mengulik lebih jauh bagaimana pemikiran-pemikiran pria jebolan Harvard University John F. Kennedy School of Government (USA) ini tentang thorium. 

"Secara kemanfaatan energi perbandingannya sebagai berikut. Bahwa 1 ton thorium sama dengan 250 ton uranium, yang sama nilai energinya dengan 3.500,0 juta ton (tiga juta lima ratus ribu juta) ton batubara," katanya.

Data itu diyakini kebenarannya karena merupakan rilis data jurnalisme di Economic World Forum PBB. Dengan kekuatan sebesar itu, thorium mampu menghasilkan 35 GG watt listrik, atau 35 Tera watt listrik. 

"Bayangkan jika data itu memang benar-benar adanya, karena disampaikan di forum PBB, maka di Indonesia punya ribuan ton thorium, artinya kalau energi ini (listrik) diganti thorium, dunia tidak ada lagi masalah dengan batubara dan fosil oil yang dikuasai Timur Tengah, Amerika dan Rusia," kata lulusan The Institute of Public Administration of Canada (IPAC) itu.

Selain lebih bersih, lebih murah, efek yang paling 'menakutkan' lagi adalah Indonesia akan menjadi sentrum energi dunia.

Apalagi lanjutnya, dunia tahu persis bahwa Indonesia adalah negara yang kaya sumber daya alamnya, bahkan tak mampu Singapura, India, Tiongkok, Jepang, Korea maupun Australia menandingi kekuatan aset alam Indonesia. 

Indonesia punya ribuan kali nilai aset sumber alamnya di atas negara-negara tersebut, ditambah lagi lokasi yang strategis untuk distribusi barang dengan menggunakan maritime line

"Indonesia berada di antara-antara negara-negara produsen besar," sebutnya.

 Dianuegerahi Kehormatan dari ITB Bandung 

foto: Pemberian penghargaan dari ITB kepada Erzaldi Rosman yang langsung diserahkan oleh Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah

Berdasarkan pemikiran-pemikirannya itu, wajar saat menjabat Gubernur Babel, Erzaldi Rosman membuat kebijakan-kebijakan yang pro kemajuan daerahnya seperti mendorong percepatan pembangunan dan pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Thorium (PLTT). 

Hal ini guna meningkatkan ketersediaan energi ramah lingkungan dan daya saing di tingkat nasional dan internasional. 

"Kita ingin pembangunan PLTT ini diawali di Babel, karena memiliki ketersediaan thorium yang berlimpah," kata Erzaldi Rosman saat membuka diskusi kajian penerimaan masyarakat terhadap pengembangan PLTT di Pangkalpinang, seperti yang kami kutip dari republika.co.id

Dan Institut Teknologi Bandung menilai apa yang dilakukan Erzaldi Rosman dianggap berperan besar dalam pengembangan dan kemajuan pendidikan di Bangka Belitung, terkhusus, peduli dan mengerti penelitian terkait sumber daya energi berbasis nuklir (thorium). Karena dengan memanfaatkan thorium yang ada, maka bukan tidak mungkin Indonesia mampu menjadi 'penjaga' sumber energi dunia. 

Pai


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur