News


Rabu, 29 Juni 2022 22:11 WIB

Erzaldi Rosman

Calhaj Persiapkan Mental, Jangan Tegang!

(foto :Erzaldi Rosman, Ketua IPHI Babel saat memberi pengarahan kepada Calhaj)

"Kepada Kepala Rombongan Haji, satu hal yang menjadi kunci. Jangen agik buet tegang orang yang nek beribadah tu"

Erzaldi Rosman
Ketua IPHI Babel

PANGKALPINANG - Disampaikan Erzaldi Rosman, Ketua IPHI Babel (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Bangka Belitung) saat bersilahturahmi sekaligus mengkonsolidasikan beberapa persiapan yang mungkin belum begitu dipersiapkan para calon jemaah haji (calhaj) kloter ke-4 asal Bangka Belitung. 

Usai menjadi Imam Shalat Maghrib di Masjid Asrama Haji Babel (Selasa, 28/06/2022), Erzaldi Rosman tampak cemas sebab sebelumnya dirinya menerima laporan terjadi keterlambatan satu jam pada salah satu rombongan disebabkan kehilangan satu orang  

(foto: Erzaldi Rosman, Ketua IPHI Babel (tengah).  Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi (kanan). Kakanwil Kemenag Babel, Drs. H. Tumiran (kiri))

"Satu jam terlambat karena mencari satu orang, artinya kesiapan mental kita belum pas," imbaunya, 

Hal ini mengkhawatirnya, sehingga dirinya kembali mengingatkan bahwa rasa takut akan menyebabkan diri semakin drop secara fisik maupun psikis.
"Salah satunya kite banyak igek ketakot e. Itu karena rasa takot ketinggal," ungkapnya mengingatkan semua calhaj untuk hindari ketakutan karena ada kepala rombongan yang akan mengarahkan semua anggota rombongannya agar semua kegiatan ibadah berjalan lancar. 

Dalam beribadah, diingatkannya tidak ada lagi istilah bagaimana menghafal doa, takut ketinggalan buku doa. 

"Bismillah, Berangkat," tegasnya. 

Berdoa sebanyak-banyaknya

(foto : Silahturahmi sekaligus konsolidasi dengan para calon jemaah haji (calhaj) kloter V asal Bangka Belitung)

Seperti pertemuan hari sebelumnya dengan calhaj kloter IV, Erzaldi Rosman kembali mengingatkan rasa takut akan membuat mental akan drop, tekanan darah tinggi, dada bedebar hingga gula darah tinggi.

"Kawan-kawan yang dirahmati Allah SWT ni, banyak berzikir, jangan sombong, jangen takabur, jangen dak nek diatur orang. Percayalah kek kepala rombongan," ajaknya.

"Satu hal lagi, jangan ingel-ingel nyeleneh dak keruan.
Insyaallah lancar gale-gale e kalo kite menjalankan e dengan tenang," tambahnya terlebih banyaknya perubahan yang dilakukan pemerintah di Arab. 

Selain itu, saling mendukung antar anggota rombongan akan memberi semangat akan membantu satu sama lain. 
"Manfaatkan kesempatan bedoa ini dengan baik. Terutama saat wukuf di Arafah. Banyak-banyaklah bersedekah disana agar menjadi haji yang mabrur," pesannya menutup pengarahan dan berdoa bersama. 

Ucapan terima diucapkan kepada Erzaldi Rosman atas pembekalan kepada calhaj dari Kepala Kantor Kemenag Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Drs. H. Tumiran. 
"Apa yang disampaikan beliau sebagai pembekalan dari pengalaman disana, setidaknya 3-4 titik agar bagaimana selamat jiwa kita," ungkapnya dihadapan semua calhaj yang diantaranya menjadi salah satu calhaj adalah Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi.

Fri


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur