News


Selasa, 28 Juni 2022 08:03 WIB

Erzaldi Rosman

Jangan Diam, karena Kita Pejuang Islam

"Jangen di rumah bai. Justru kita setelah haji menjadi pejuang-pejuang Islam untuk umat kita di jalan Allah. Memakmurkan umat Islam,"

Erzaldi Rosman
Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kep. Bangka Belitung

PANGKALPINANG - Ya. Erzaldi Rosman menyampaikan harapan itu di hadapan ratusan calon jemaah haji (calhaj) kloter IV, saat ia memberikan pengarahan kepada calhaj sebelum keberangkatan ke tanah Suci, yang digelar di Masjid Asrama Haji Babel, hari Senin (27/6/22).

Ketua IPHI ini berkehendak agar pelaksanaan ibadah haji adalah untuk merefleksikan diri masing-masing. Melakukan ulang sejarah perjalanan nabi dan katanya, dalam rukun haji telah diberi tahu apa-apa saja yang harus dilaksanakan saat berhaji.

"Cuma satu hal yang menjadi kunci, yaitu yang pertama, jangan sombong, saling memahami dan saling memaafkan suami istri. Mulai dari sekarang, jaga adab. Jangan dibawa lagi kebiasaan (jelek) di rumah," pesan peraih Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan dari Presiden RI Joko Widodo di tahun 2019 itu.

Usai pengarahan, Erzaldi Rosman yang merupakan Gubernur Bangka Belitung periode 2017-2022 ini bertemu dengan 6 orang kepala rombongan (karom) dari kloter IV untuk menyampaikan arahan khusus, seperti menyiapkan makan minum kepada jemaah.

"Sebelum mulai rangkaian ibadah nanti, akan sulit mencari makanan. Nomor telepon penyedia makanan di sana ini saya berikan agar dikoordinasikan dulu waktunya. Insyaallah makanannya sesuai dengan lidah kita," harapnya.

Terkait kepala rombongan, Bang ER--sapaan akrabnya meminta agar mereka bertanggungjawab terhadap anggotanya. Jangan mengeluh, anggap itu ibadah menerima amanah yang ditunjuk sebagai karom.

"Insyaallah, Allah akan menggantikan kemudahan di sana," doa Bang ER.

Erzaldi Rosman juga tak lupa mendoakan, sepulangnya, para jemaah asal Babel kembali dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur.

"Mabrur adalah yang membawa perubahan setelah melaksanakan ibadah haji, baik perubahan pada dirinya sendiri, maupun merubah orang lain untuk menjadi lebih baik," ulasnya.

"Makaseh. Selamat jalen, muda-mudahan ibadah bapak ibu lancar, diberi kesehatan dan keselamatan dan kompak sesama rombongan. Insyaallah selamat sampai kembali," ucap suami Melati ini.

Dirasakan Manfaat

Informasi dan bantuan dari Ketua IPHI Babel Erzaldi Rosman ternyata cukup membantu jemaah dari sisi informasi. Itu diakui salah seorang calhaj, Ibu Marlina.

"Alhamdulillah informasi yang disampaikan beliau sangat terbantu karena pasti di sana banyak perubahan. Sebulan saja bisa berubah tampilannya di televisi, apalagi tahun sebelumnya dengan tahun ini," aku pegawai di salah satu instansi pemerintahan ini, yang mengaku memang mengenal sosok Erzaldi Rosman.

"Ya memang Pak Erzaldi sangat memperhatikan, seperti para peserta MTQ waktu itu hingga para tahfiz yang mewakili Babel di nasional mendapat beasiswa, saya tahu sebab saya aktif dalam MTQ sejak 2016, sejak Pak Erzaldi masih menjabat sebagai Bupati Bangka Tengah," ulasnya.

Fri


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur