Lifestyle


Senin, 25 April 2022 15:14 WIB

Health

Hanyut dalam fantasi kesedihan film? Pelajari Post Series Depression Syndrome!

Ketika film berakhir, menjadi sulit bagi kita untuk berpisah dengan karakter. Terkadang, emosi yang kita alami saat berpisah dari film bisa serupa dengan yang dialami saat kita kehilangan orang yang kita cintai. Salah satu alasan utama mengapa kita merasa begitu tertarik pada film dan karakternya adalah karena film menjadi representasi ideal dari cara kita ingin menjalani hidup dan oleh karena itu kenyataan mungkin tampak membosankan dan membosankan.

 

Pernahkah kamu merasa sangat bersedih setelah film atau series yang kamu tonton telah tamat? 

Sangat wajar bagi orang untuk mengalami ledakan emosi setelah menonton film yang bermuatan emosi. Namun, sering kali, kita cenderung melekat pada emosi, karakter, cerita atau adegan dalam film yang juga dapat dimanifestasikan dalam bentuk apa yang dikenal sebagai Post-Series Depression Syndrome (PSDS).

Dikutip dari Urban Dictionary mendefinisikan PSDS sebagai kesedihan yang dialami setelah menonton film atau serial yang sangat menarik. Ini adalah perasaan pahit yang mungkin dialami orang ketika film selesai tetapi mereka tidak ingin itu berakhir. Perasaan ini hampir sama sakitnya ketika seseorang putus cinta.

Kevin Foss, Spesialis Gangguan Kecemasan, menjelaskan bahwa selama menikmati film, kita cenderung mengembangkan hubungan intim dengan karakter yang paling kita kenali dan akhirnya menjadi bagian dari perkembangan emosional kita. Kita mulai mengidentifikasi dengan kemenangan dan kekalahan mereka. Kita masuk ke dalam dunia fantasi di film.

Psikolog Jeanette Raymond menambahkan bahwa salah satu alasan mengapa kita merasa sangat sedih setelah sebuah film berakhir atau seorang karakter meninggal adalah karena kita merasa bahwa sebagian dari diri kita berakhir dengan berakhirnya film tersebut. Lebih lanjut ia menegaskan bahwa karena ini kenyataan dapat membuat orang tersebut mengalami kesedihan, depresi dan tanpa tujuan.

Fenomena psikologi ini dirasakan termasuk oleh penyanyi Indonesia Raisa yang tampak baru saja menyelesaikan series drama Korea Snowdrop, pada akun Twitternya @raisa6690 membagikan tweet "Hampa bgt setelah semalem tamatin, Snowdrop. Ga tau harus ngapain sekarang". Tak hanya itu ia juga membagikan tangkapan layar Post Series Depression Syndrome, serta foto selimut yang basah oleh air matanya.

Gejala Post-Series Depression (PSDS)

Kamu bisa perhatikan sendiri bahwa setelah menonton serial, apakah kamu mengalami hal ini?

– Merasa ketakutan, kesepian, dalam kejutan yang aneh.

– Diam-diam sedih dengan karakter dalam cerita tak berbalas bahkan jika kamu terus memikirkannya.

– Merasa tidak ada yang bisa dilakukan, merasa sangat kosong bahkan terkadang meneteskan air mata.

– Merasa bosan, ingin menyalakan TV, dan tidak merasakan apa-apa untuk ditonton.

– Memiliki emosi yang netral seperti patah hati.

Diyakini bahwa banyak orang juga memiliki kesedihan yang tidak dapat dijelaskan. Di mana jika ada suasana hati di atas, kita menjadi sadar dan mengubah situasi kembali menjadi sama.

Mengatasi PSDS

Ketika perasaan sedih tersebut muncul, kita tetap dapat mengatasi sendiri agar tak terus-terusan berada dalam kondisi tersebut. Berikut cara yang dapat dilakukan:

– Jika kamu tidak ingin merasa sedih saat seri berakhir. Kamu mungkin memerlukan ruang untuk menonton serial. Usahakan untuk tidak menonton sekaligus. Sehingga kita tidak merasa terlalu terikat dengan apa yang dilihat. 

– Temukan aktivitas lain untuk berhenti memikirkan akhir serial atau film.

– Pergi keluar untuk bertemu teman, habiskan waktumu dengan orang lain seperti biasa.

– Mencari serial baru untuk ditonton.

– Fokus pada kenyataan dan cobalah untuk menyadari semua yang Kamu lakukan sebanyak yang kamu bisa.

– Jika kamu masih merasakan akhir cerita. Mari kita kembali dan menonton serial ini lagi.

– Temukan teman dengan tipe yang sama untuk membicarakan serial yang kamu tonton. Jika kita berbagi apa yang kita pikir kita rasakan dengan orang lain. Ini dapat membantu meringankan perasaan sedih dan kesepian.

Jika kamu mencoba semua metode di atas dan masih belum merasa lebih baik. Atau mengalami gejala sedih, susah tidur, tidak bisa makan atau tidak bisa bekerja. Kami menyarankan untuk menemui psikiater atau berbicara dengan psikolog. Dan usahakan jangan terlalu kecanduan serial lagi karena bisa mempengaruhi kesehatan.

 

SBA


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur