Lifestyle


Sabtu, 26 Maret 2022 12:45 WIB

Health

Hati-hati! 4 Makanan Ini Bisa Sebabkan Kerusakan Kulit

Tidak hanya beberapa kebiasaan buruk, debu, polusi, dan paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Ternyata, makanan yang kita makan pun bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Diketahui, ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan jerawat, bahkan bisa mempercepat munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Seorang dokter kulit, Michele Green, MD, mengatakan bahwa kita semua tahu bahwa lingkungan, gen, dan rutinitas perawatan dapat memengaruhi penampilan dan kesehatan kulit kita. Namun, yang kurang kita ketahui adalah bahwa makanan yang kita makan juga dapat berperan dalam kondisi kesehatan kulit.

"Ketika kita melihat lebih dekat soal hubungan antara kesehatan kulit dan pola makan, ternyata ada beberapa makanan yang lebih berbahaya daripada yang kita sadari. Contohnya, makanan cepat saji, produk susu, gula dan cokelat, dan makanan yang digoreng semuanya berpotensi menyebabkan pembentukan garis-garis halus, kerutan, jerawat, dan warna kulit tidak merata,” jelasnya.

Berikut ini adalah makanan yang dapat berdampak kurang baik untuk kulit kita:

1. Daging Berlemak
“Makan daging dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi dapat berkontribusi dalam munculnya jerawat,” catat Dr. Green. 

"Ini karena potongan daging yang lebih berlemak dikaitkan dengan pertumbuhan insulin yang tinggi,  yang memicu peningkatan produksi sebum dan akhirnya menyebabkan munculnya jerawat." 

Daripada mengonsumsi daging berlemak, Dr. Green menyarankan kita untuk mengonsumsi protein tanpa lemak.

2. Susu Sapi dan Produk Susu Lainnya
Melansir Eatthis, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi susu dalam jumlah tinggi, khususnya susu sapi dapat menyebabkan jerawat. Produk susu susu sapi, seperti yogurt dan keju, telah terbukti dapat meningkatkan faktor pertumbuhan seperti insulin 1 (IGF-1), yang bisa menyebabkan peningkatan ukuran kelenjar sebaceous kulit kita, yang menyebabkan lebih banyak produksi sebum, sehingga dapat menyebabkan lebih banyak jerawat.

3. Mayones
Mayones memang memiliki rasa yang enak dan melengkapi rasa dari makanan. Namun, perlu diketahui bahwa mayones kaya akan minyak omega-6, yang dapat merangsang proses inflamasi, membuat kulit kurang sempurna.

4. Makanan dengan Indeks Glikemik Tinggi
Gula memiliki indeks glikemik tinggi, di mana ini merupakan musuh kolagen bagi kulit. Gula ini dapat ditemui di berbagai macam makanan yang kita konsumsi sehari-hari, baik itu dari makanan olahan, seperti keripik kentang, singkong yang digoreng dengan minyak, maupun permen, dan soda.

Tidak hanya itu saja, gula juga dapat memicu peningkatan kadar insulin yang menyebabkan peradangan dan kerusakan akibat radikal bebas. Diane Madfes, MD, FAAD, asisten profesor dermatologi di Mount Sinai School of Medicine mengatakan ada sebuah studi pada pasien diabetes, dimana ditemukan bahwa pasien tersebut memiliki elastisitas kulit yang buruk, penyembuhan luka yang lambat, dan penuaan kulit yang cepat.

INP


#Makanan #sehat #kulit
Bagikan :

Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur