Lifestyle


Rabu, 23 Maret 2022 16:58 WIB

Womankind

Apakah Ibu-Ibu Kerjanya Hanya Menggoreng?

“When you educate a man, you educate a man, when you educate a women, you educate nation”
Brigham Young

Perempuan dikenal sebagai sosok yang multitasking, bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu. Kemampuan ini tentu saja tak serta-merta datang dalam diri perempuan. Sang Pencipta dengan segala keistimewaan-Nya telah sangat rinci membangun, menghadirkan, dan menciptakan seorang wanita.

Perempuan lahir dengan hadiah yang sudah diberikan Tuhan dengan minat dan bakat yang dimiliki. Uniknya, masing-masing perempuan akan membawa keistimewaan yang bereda-beda, ada yang suka menulis, berorasi mengemukakan pendapat, suka menganalisis angka,  menari, memanjat tebing, berolahraga, berdagang, memasak, dan banyak hal hal postif lainnya. Hal tersebut tentunya harus dioptimalkan sebaik mungkin, hasilnya, akan menumbuhkan kepercayaan diri bagi wanita, menyuarakan pendapat, mengemukaan opini, dan menemukan ruang untuk berekspresi, sehingga berdayalah wanita Indonesia. Ingin tahu siapa saja wanita Indonesia berdaya?

1. Anne Avante]

Siapa yang tidak kenal sosok desainer legendaris Anne Avantie. Lewat karyanya dengan merancang sederet kebaya, menjadi bukti jika Anne Avantie juga berjuang melestarikan salah satu ciri khas dan budaya Indonesia. Tak bisa lagi dihitung dengan jari, Anne Avantie telah melahirkan banyak karya yang pastinya sangat luar biasa dan dikenal hingga kelas internasional. Anne Avantie dinilai memiliki segudang prestasi di bidang fashion tanah air dan aktif di kegiatan sosial untuk membantu UMKM dengan membentuk Pasar Tiban serta menjadi wanita pertama penerima boneka Barbie One of A Kind (OOAK) dari Indonesia.

2. Sri Mulyani Indrawati


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati masuk ke dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh dunia versi Forbes pada 2019.  Sri Mulyani sejajar dengan wanita hebat dunia, seperti Kanselir Jerman Angela Merkel, Christine Lagarde, dan Nancy Pelosi. Di sana, Sri Mulyani masuk peringkat ke 76. Predikat ini tentu saja disebabkan oleh prestasi yang sudah dilakukan Sri Mulyani yang dinilai memiliki peran yang sangat krusial dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia terutama yang berkenaan dengan isu kesetaraan gender. 
Sri Mulyani juga, melihat potensi pendapatan negara melalui reformasi pajak yang dilakukan. Selain itu, bagi kalian yang suka memamerkan kekayaan di media sosial, silahkan bersiap-siap karena tim dari Menteri Keuangan ini akan ‘menciduk’ agar segara ditindaklanjuti dan mau tak mau mereka harus menbayar pajak pendapatan tersebut. Beliau juga memperoleh penghargaan Menteri Terbaik yang prestisius di World Government Summit atas usaha-usahanya untuk menerapkan reformasi.

3. Dian Sastrowardoyo 


Tokoh inspiratif Indonesia kali ini datang dari dunia hiburan yakni, artis Dian Sastrowardoyo. Lahir 16 Maret 1982, artis yang melejit namannya lewat film Ada Apa dengan Cinta ini diketahui menekuni banyak bidang. Dia tak hanya berprofesi sebagai aktris, namun juga melebarkan sayapnya sebagai produser film. Dian juga memiliki yayasan untuk memberikan beasiswa kepada anak-anak indonesia, aktif dalam kegiatan sosial, pendidikan, dan kerap mengampanyekan isu-isu tentang perempuan.  Selain itu, Dian dikenal sebagai seorang aktris yang sangat cerdas untuk mengemukakan pendapatnya terhadap isu-isu terbaru.

4. Najwa Shihab


Jurnalis perempuan yang tak diragukan lagi dalam hal berpikir kritis serta keberaniannya mengungkap kebenaran. Sosoknya yang cerdas dan berwibawa ini juga sukses menginspirasi wanita di luar sana. Gaya bicaranya yang tegas dan tajam, memberikan pertanyaan-pertanyaan yang memancing rasa ingin tahu masyarakat dengan cara melihat data dan fakta terbaru. Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia angkatan 1996 ini memiliki deretan prestasi berhasil diraihnya sebagai seorang jurnalis. Najwa Shihab dipercaya sebagai Highly Commended for the Best Current Affairs Presenter di Asian Television Award (2007 dan 2009), Australian Alumni Award for Journalism and Media (2009), National Award for Journalistic Contribution to Democracy (2010), Young Global Leader oleh The World Economic Forum (2011), Most Progressive Figure oleh Forbes Magazine (2015), The Influential Woman of The Year dari Elle Magazine (2016), dan pernah menjadi pembicara pada Convension Asian American Journalist Association di hadapan wartawan-wartawan lain yang berasal dari berbagai negara. 

5. Maudy Ayunda

Terakhir, siapa yang tak kenal Maudy Ayunda? Ayunda Faza Maudya, B.A., M.A., M.B.A adalah wanita cantik bertalenta, dan penuh prestasi. Ia memulai kariernya dalam film ‘Untuk Rena’ produksi Miles Films pada tahun 2005. Perempuan yang cantiknya khas Indonesia ini terkenal mempunyai segudang prestasi dalam beberapa bidang.  Tak hanya mampu menghasilkan lagu-lagu yang indah. Maudy juga menelurkan beberapa buku yakni Kina Story dan Dear Tomorrow.
 
Berhasil masuk Universitas Oxford dan Universitas Stanford, membuat sosoknya menginspirasi generasi milenial untuk terus berusaha mencapai impian. Kecerdasannya mampu membuat banyak generasi milenial yang ingin menjadikan Maudy Ayunda sebagai salah satu pemimpin Indonesia di masa yang akan datang.
Banyaknya keistimewaan sudah diberikan dalam diri perempuan, mengoptimalkan potensi wanita tentu saja akan memberikan kesempatan baik bagi mereka untuk mencoba hal-hal baru, tak ayal pengalaman dan pengetahuan akan semakin meningkat. Jadi apakah ibu-ibu hanya bisa mengoreng saja?

GN


#Wanita #goreng
Bagikan :

Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur