Lifestyle


Jum'at, 25 Februari 2022 18:23 WIB

Food & Recipes

Rasa Penasaran Melati Yang Terbayar

Berdasarkan rekomendasi seorang temannya, akhirnya Melati Erzaldi 'berhasil' mencicip kopi seduhan Warung Aiku, salah satu warung kopi tua legendaris yang ada di Kota Seribu Satu Warung Kopi, Manggar Beltim, hari Jumat (25/02/2022).


MANGGAR - "Saya pesan kopi susu pak, yang dak gilak (tak terlalu) keras," pinta Melati dengan bahasa lokal, kepada pemilik Warung Kopi Aiku, Aiku. 

"Halo, apa kabar?," sapa Melati kepada pengunjung warkop sesaat setelah ia membaca plang warkop. Hari itu ia ditemani sahabatnya, Robi, pemilik Kedai Bahelak di Tanjung Pandan. 

Tak lama, segelas kopi susu pesanannya tiba. Itu adalah racikan istri Aiku. Untuk diketahui kopi susu khas warkop ini digemari masyarakat sejak 26 tahun yang lalu. 

Bertiga bersama istri dan sang putri, Aiku menjalankan usahanya. Warkop itu berada di bekas Bioskop Mega, bioskop ternama di era 70an, dan mereka mengontrak bangunan dengan ornamen tua itu dari seorang pemilik bernama Robert karena belum bisa membangun sendiri ruang usahanya. 

Selain itu, dirinya juga mempertimbangkan jika warkopnya pindah, maka pelanggannya akan lama beradaptasi kembali. 

"Seru banget ini tempatnya, masih berasa jadul banget, bahkan mereka tidak merenovasi bangunan ini," ungkap Melati sambil berbincang dan melihat bagaimana proses penyajian kopi susu yang dipesannya. 

Warung kopi dengan background sebuah bioskop tua bagi istri Gubernur Erzaldi, membawa memori kepada bioskop yang digambarkan di film Laskar Pelangi, legendaris sekali. 

"Yang terpenting, harus mencoba kopinya jika berkunjung ke Belitung Timur. Kopinya enak, kopi Robusta dari Desa Lilangan Belitung Timur. Masya Allah ini wangi banget," ekspresinya saat pertama mencicipi kopi susu Aiku. 

Tidak hanya itu, lanjutnya, di warung kopi ini punya cemilan khas untuk melampun (sarapan dalam bahasa Belitung) yaitu Roti Panggang Manggar, di dalamnya diisi mentega dan gula dan sepertinya hanya ada di Warkop Aiku. 

"Saya cobain sesuai saran Robi, dicelupin ke kopinya baru dimakan. Di dalamnya ada isinya, ada mentega ada gulanya. Enak banget untuk sarapan," ungkapnya. 

Menutup kunjungannya, Melati Erzaldi mentraktir semua pengunjung yang ada di sana bertepatan dengan kehadirannya. 

"Barakallah.. hari ini hari Jumat, saya yang traktir ya," sambil berpamitan dan berfoto bersama, seperti biasa dirinya akan memposting Warkop Aiku setelah kunjungan ini. 

NDP


#Kopi
Bagikan :

Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur