News


Sabtu, 27 November 2021 22:32 WIB

Melati Erzaldi

UMKM Naik Kelas, Melati Erzaldi: 'Berikan Ruang Untuk Unjuk Potensi'

"Ini adalah bukti, bahwa kerja keras teman-teman UMKM semakin naik level dan menunjukkan kelasnya,"

Melati Erzaldi
Ketua ICSB Babel

PANGKALPINANG - Kabar gembira, kini produk-produk Industri Kecil Menengah (IKM) binaan International Council Small Business (ICSB) Babel telah mendapat dukungan dari salah satu perusahaan ritel, yakni Transmart. Pada salah satu rak di area makanan lantai satu Transmart Pangkalpinang, berisi beragam produk lokal UMKM. Mulai dari getas, terasi, madu, hingga kerajinan tangan. Bahkan nantinya akan ada produk beras juga. 

Semakin banyaknya ritel modern yang bertebaran, membawa konsekuensi pada keberlangsungan usaha kecil dan menengah jika tidak dibarengi dengan peningkatam kualitas produk dan perluasan pemasaran.

Untuk itu, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah guna mendorong para UMKM untuk terus meningkatkan produksinya demi mewujudkan tagline UMKM naik level atau naik kelas. Selain memberikan kemudahan dalam perizinan, menyediakan design kemasan, membantu dalam permodalan, pemerintah provinsi juga bekerja sama dengan pihak terkait untuk memfasilitasi agar produk UMKM Bangka Belitung menjadi primadona di negeri sendiri.



Harga yang relatif mahal dan perputaran modal yang cukup memakan waktu, pernah menjadi permasalahan dalam memasarkan produk UMKM di retail yang besar. 

Gubernur Babel Erzaldi Rosman dan sang istri  Melati Erzaldi yang juga merupakan ketua ICSB Korwil Bangka Belitung menaruh kepedulian dan memberikan solusi bagi permasalahan untuk produk-produk UMKM ini, melalui Disperidag Provinsi Bangka Belitung kerjasama pun terjalin dengan pihak terkait agar produk UMKM dapat dipasarkan di pasar-pasar modern atau supermarket seperti Transmart, dengan sistem pembayaran yang   tak perlu menunggu waktu yang lama dan dengan harga yang sama.

Selain itu Ketua Dekranasda Melati Erzaldi mengungkapkan bahwa ini sebagai bentuk dukungan kepada pelaku UMKM dengan memberikan ruang bagi mereka untuk unjuk diri dan potensi produk lokal Babel, tentunya menjadi tujuan bersama yang akan berimbas pada peningkatan ekonomi pelaku UMKM.  

Hal itu diungkapkannya ketika berdiskusi dengan General Manager Transmart Pangkapinang, M. Taufik Djen Amar sebelum menghadiri acara Home Concert #4 Cantabile Musik 2021, di Transmart Pangkalpinang, Sabtu (27/11/2021). Dirinya mengungkapkan sangat mengapresiasi dukungan dari Transmart terhadap produk UMKM binaan di Bangka Belitung. Dan berharap agar kerjasama ini dapat terus berlangsung dengan baik.

Berbagai bentuk dukungan

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan dan Pembangunan Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babel, Subekti Saputra juga mengungkapkan bahwa hadirnya produk lokal ini di transmart adalah hadiah dan bentuk kepedulian Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman dan Ketua Melati di hari jadi ke-21 Bangka Belitung untuk IKM dan UMKM Bangka Belitung.

Selain itu, bentuk kepedulian lain Gubernur Erzaldi kepada IKM/UMKM yakni memfasilitasi Perizinan seperti IUMK, NIB, PIRT, setifikasi Halal, HKI MD, dan HACCP. Mendirikan UPT Rumah promosi dan kemasan yang menyediakan kemasan bagi IKM/UMKM dengan harga murah dan  tidak menerapkan minimum order. Selaim itu, peningkatan kompetensi SDM dan teknologi berupa magang, bimtek, pelatihan, pendampingan, dan bantuam mesin peralatan serta permodalan seperti KUR, dan CSR



Banyak kelebihan dari hadirnya produk IKM binaan ICSB dan Disperindag Babel ini di transmart. Mulai dari sistem pembayaran yang tidak perlu menunggu waktu hingga berbulan-bulan untuk sampai ke tangan pelaku usaha, pendapatan hasil produk yang terjual akan langsung diterima pelaku IKM dan UMKM. Kemudian harga yang dijamin sama dengan harga di toko-toko  snack di Bangka Belitung.

Ketua Dekranasda  Bangka Belitung, Melati Erzaldi berharap, kedepannya produk UMKM tidak hanya ada pada satu rak saja. Namun, akan tersedia banyak rak-rak lain yang siap menampilkan produk-produk lokal asli Bangka Belitung. Sehingga, UMKM dapat semakin meningkatkan standarnya untuk masuk ke pasar-pasar modern.

Tak lupa, Melati Erzaldi juga mengingatkan agar pelaku UMKM terus berinovasi. Karena dengan adanya inovasi baru, akan dapat meningkatkan dan membuka pasar yang lebih luas.

"Ini adalah hasil yang baik, temen-temen UMKM terus semangat untuk berkreasi dan menaikkan kelasnya," pungkasnya.

 AC

#MelatiErzaldi #UMKM
Bagikan :

Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur